Pentingnya Nada dalam Bahasa Mandarin yang Perlu Diketahui

JASATRANSLATE.COM
CALL/WA: 0818200450
Email: quantumkarmal@gmail.com

Mempelajari bahasa Mandarin memang tidak mudah. Apalagi jika tidak ada niat dan kesanggupan sama sekali. Bahasa Mandarin sendiri merupakan bahasa unik yang sulit. Sebab, ada beberapa aturan yang harus diketahui salah satunya adalah nada dalam bahasa Mandarin.

Dalam mempelajari sebuah bahasa memang diperlukan ketekunan. Sebab, bahasa asing memiliki karakteristik masing-masing. Tidak ada bahasa asing yang mudah dipelajari jika dilakukan secara sembarangan. Begitupun dengan bahasa asing yang memiliki aturan cukup rumit.

Nada Dalam Bahasa Mandarin

Setiap bahasa asing yang akan dipelajari memiliki dasar sendiri-sendiri. Salah satunya adalah bahasa Mandarin dengan dasar pengucapan. Dalam bahasa Mandarin dikenal sebuah nada atau pelafalan.

Bahasa Mandarin biasa disebut sebagai bahasa yang bernada. Sehingga pada satu kalimat terdapat nada yang berbeda-beda. Meskipun huruf yang digunakan sama namun artinya berbeda. Nada dalam bahasa Mandarin sangat mempengaruhi arti.

Terdapat empat nada utama yang sering digunakan sebagai patokan. Setiap nada masih dibedakan berdasarkan konturnya. Berikut ini beberapa nada yang disediakan dalam bahasa Mandarin dan penjelasannya.

  1. Nada Pertama

Pada nada pertama, pelafalan yang digunakan adalah datar dan juga tinggi. Untuk nada pertama ini lebih dikenal sebagai nada paling sederhana. Dalam pelafalannya, nada ini tidak memerlukan penggunaan intonasi.

Sehingga tidak terdapat penurunan ataupun peningkatan dalam sebuah nada. Dalam pinyin, simbol untuk nada pertama dilambangkan seperti “-“. Contohnya katanya adalah “nā”.

  1. Nada Kedua

Nada dalam bahasa Mandarin yang kedua adalah naik ke atas. Suara yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Sehingga akan terdengar dan terkesan seperti orang bertanya. Sehingga sangat berbeda dengan jenis nada pertama.

Sama seperti nada pertama, untuk yang kedua juga memiliki simbol. Simbol yang digunakan adalah ” ‘ “. Contoh katanya adalah “nà”.

  1. Nada Tiga

Dalam bahasa Mandarin juga dikenal nada tiga atau nada yang terkenal memantul ketika dilafalkan. Untuk yang pertama adalah nada diucapkan dengan nada tinggi kemudian diturunkan secara perlahan.

Lalu berlanjut ke nada asli yang datar. Pelafalannya diucapkan dalam satu nafas. Dalam pinyin, nada tiga memiliki simbol yang tidak jauh beda dengan nada pertama yakni “^ (terbalik)”. Contoh katanya adalah “nă”.

  1. Nada Empat

Lalu nada empat yang dilafalkan dengan menurun ketika diucapkan. Sehingga nada empat ini kebalikan dari nada kedua. Pelafalan yang digunakan bermuka dari nada tinggi kemudian menurun.

Nada dalam bahasa Mandarin untuk yang keempat memiliki simbol “`”. Contoh katanya adalah “nà”. Jika tidak teliti maka akan salah dengan ketiga nada sebelumnya. Sehingga hal yang perlu diperhatikan adalah tanda atau simbol nada tersebut.

Cukup sulit untuk membedakan nada diatas. Terkadang ada yang terbalik ketika menggunakan salah satu nada. Tak heran jika banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan keempat nada tersebut.

Pentingnya Nada Dalam Bahasa Mandarin

Perlu diketahui bahwa bahasa Mandarin terdiri dari pinyin dan nada. Pinyin sendiri merupakan alfabet yang bisa digunakan oleh orang-orang di berbagai dunia. Pinyin memang sepaket dengan nada.

Mengapa nada sangat penting? Alasannya adalah ada empat nada yang sulit untuk dibedakan. Setiap nada memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Jika salah menyebut kata dengan nada berbeda maka akan membuat kata menjadi salah arti.

Percakapan pun tidak akan bisa berjalan lancar. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari nada pada bahasa Mandarin dengan baik dan benar. Jika tidak maka bahasa Mandarin akan semakin sulit.

Anda bisa menggunakan tutor untuk mendampingi belajar bahasa Mandarin. Sebab, belajar nada dalam bahasa Mandarin tidak hanya sekedar teori tetapi juga praktek.

Mari baca artikel lebih lanjut mengenai Perbedaan Bahasa Mandarin, China, Taiwan, Tiongkok.

 

This entry was posted in Belajar Bahasa Mandarin, Jasa Translate Mandarin and tagged jasa penerjemah mandarin, terjemah mandarin, translator tersumpah mandarin. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

9,614 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>